Selasa, 05 Agustus 2014

Karuniaku, Karuniamu, dan Pertumbuhan Kita

Setiap anak Tuhan pasti punya karunia. Pertanyaannya, apa itu karunia? Apa beda karunia dengan talenta? Kok ada yang merasa tidak punya karunia tapi di sisi lain ada merasa punya segudang talenta? Lalu kalau memang kita punya karunia, so what? Does it matter to our life?

Oke ini dia penjelasan tentang karunia dan gunanya dalam pertumbuhan anak-anak Tuhan. Bahan inilah yang menjadi topik pembahasan di Persekutuan Pra Remaja GKI Gejayan Pos Jemaat Adisucipto pada Minggu 27 Juli 2014. Berhubung pembicaranya aku sendiri, hehehe.. Kak Evi narsis nih, jadi aku mencoba mendeskripsikan sesederhana mungkin. Simple style ala David Valentino. 


KARUNIA DAN TALENTA
Beberapa referensi menjelaskan tentang perbedaan utama karunia dan talenta. Talenta merupakan suatu bakat atau kemampuan yang merupakan hasil genetic (bawaan lahir) maupun hasil latihan yang kontinu. Sementara karunia merupakan kemampuan yang diberikan Roh Kudus kepada mereka yang telah menerima Kristus di dalam dirinya. Roh Kudus memberikan karunia untuk mengembangkan Kerjaan Allah yang telah lebih dulu dimulai oleh Yesus Kristus.
Talenta itu misalnya kemampuan bermusik, olahraga, menari, dan kemampuan lain yang masuk dalam kategori hard skills dan soft skills. Kita semua bisa melatih sedemikian rupa untuk memunculkan talenta dalam diri seseorang. Sebaliknya, karunia itu tidak bisa muncul begitu saja tanpa ada peranan dari Roh Kudus. Lalu, apa saja yang disebut karunia?  
Pertama coba buka Efesus 4:11-16. Bacaan tersebut ditulis oleh Paulus untuk jemaat di Efesus. Paulus menjelaskan tentang pentingnya kesatuan jemaat dan karunia yang berbeda-beda. Merujuk ke 1 Korintus 12:8-10, ada sembilan jenis karunia yaitu:
1. Karunia berkata-kata hikmat.
2. Karunia berkata-kata pengetahuan.
3. Karunia Iman.
4. Karunia untuk menyembuhkan.
5. Karunia untuk mengadakan mujizat.
6. Karunia bernubuat.
7. Karunia membedakan bermacam-macam roh.
8. Karunia berkata-kata dalam bahasa roh.
9. Karunia menafsirkan bahasa roh.
        
Wuih, dahsyat ya kemampuan karunia. Bisa dibilang, karunia merupakan kemampuan yang lebih bersifat spiritual. O iya, ada pula referensi tentang karunia dari Roma 12:3-8. Kali ini, jenis karunia antara lain :
1.   Bernubuat.
2.   Melayani.
3.   Mengajar.
4.   Menasihati.
5.   Membagi-bagikan sesuatu.
6.   Mempimpin.
7.   Menunjukkan kemurahan (murah hati).

         
APA SIH FUNGSI KARUNIA?
Oke, kita udah tahu apa itu karunia. Lalu ada apa dengan karunia? Mengapa ada yang punya banyak karunia tetapi di sisi lain ada yang merasa tidak punya karunia sama sekali.

   Kami, Pra Remaja Pos Adisucipto, awalnya tidak sepenuhnya tahu karunia kami masing-masing. Namun kami yakin kami punya karunia karena kami semua sudah terima Kristus dalam hidup kami. Jadi seharusnya kami punya karunia walaupun jumlah sedikit.
Diskusi sana-sini, merenung, analisa sedikit-sedikit, dan terkumpulah daftar karunia yang ada dalam diri kami masing-masing. Hasilnya seru juga. Ada yang punya satu, dua, tiga, bahkan lima karunia. Teman-teman cowok bingung berat menentukan karunia masing-masing namun mereka sepakat mereka punya satu karunia : Murah Hati! Ahahaha.. So sweet!
Mari kita kembali ke Efesus 4:11-16. Paulus menjelaskan, di setiap kelompok (jemaat) pasti ada pemimpin dan yang dipimpin. Pemimpin utama kita adalah Kristus. Paska kembali ke Surga, Kristus menyerahkan tugas kepemimpinan ke Para Rasul, Penginjil, dan kini berlanjut ke pemimpin lainnya seperti penginjil, gembala jemaat, pendeta, pastur, dan pemimpin rohani lainnya.
Para pemimpin bertugas untuk mempersatukan, membimbing, dan membantu pengembangan jemaat yang dipimpinnya. Sementara yang dipimpin pun memiliki peranan untuk bekerja sama dalam perluasan Kerajaan Allah di dunia. Singkatnya, jemaat harus bersatu untuk bertumbuh dan melakukan pelayanan bersama-sama.

TUMBUH BERSAMA HINGGA JADI DEWASA
Sekali lagi, semua jemaat harus tumbuh bersama. Semuaaanya! Tidak boleh tidak. Bertumbuh ke segala arah. Bertumbuh ke atas dan berakar di bawah. Efesus 4:15 jadi kuncinya. “Tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah kepala.

Berpegang teguh pada kebenaran. Kasih. Bertumbuh ke arah Kristus. Ini pola pertumbuhan untuk menjadi iman yang dewasa. Sulit memang tapi kita harus terus berusaha menjadi sama seperti Kristus. Tidak Cuma aku, atau kamu, atau dia saja yang bertumbuh. KITA. Mari bertumbuh bersama di dalam kasih menuju kepada Kristus. Tuhan memberkati. (evp)



8 Responses so far.

  1. Netgear phone number
    SBCGlobal support
    We have a helpful team of experts is available 24/7 to provide support for users. If you know more about Sbcglobal email you can contact Sbcglobal email support and get the best possible solutions.

  2. The information shared by you is really worthy. Thanks for sharing .Keep on sharing similar posts in the future
    Firefox customer care

  3. Superb information. For the first time I read the information shared by you and found it really worthy.
    quickbooks customer service

  4. Nice Information thanks for sharing with us. If you have any issue regarding SBCGlobal email please follow these links:
    sbcglobal email technical support phone number
    sbcglobal email tech support phone number
    How to fix can’t log into SBCglobal Email Account

  5. This article is very useful for us.Thank you so much for posting! For any help regarding AOL Desktop Gold Software please follow these links:-
    Download AOL Gold
    Install AOL Desktop Gold

  6. Nice Information thanks for sharing with us... If you have any issues related QuickBooks software Just click on link......
    How to fix QuickBooks Banking error 9999
    How To Fix Error 9000 In QuickBooks

  7. If you are facing any issues related AOL email get AOL Email Support Number then fix all technical error with AOL technical support team 24X7 available.....
    How to resolve error while sending AOL mail
    How to Block an Email Address in AOL

  8. Unknown says:

    We are Assistance for All, the most popular and highly trusted Google Chrome support agency operating in the country. Dial 1-844-249-4536 and get authentic solutions to Chrome related issues from our qualified engineer.

Leave a Reply